Rahasia Dibalik Sakit


Hasil gambar untuk orang sakit dirumah sakit


Rahasia dan hikmah dibalik sakit yang diderita oleh orang beriman.


Rahasia dibalik sakit (22/11/17) - Ketika seorang hamba Allah yang terkenal, Lukmanul Hakim melakukan perjalanan ke suatu negeri bersama anaknya, tibalah mereka disuatu pegunungan yang dibalik gunung tersebut adalah tempat tujuan mereka.  Mungkin tinggal sedikit hari mereka akan tiba di negeri tersebut.  Dengan suka cita setelah beristirahat sebentar mereka melanjutkan perjalanan, tapi apa daya ternyata anaknya Lukmanul Hakim menginjak semacam duri tajam yang melukai kakinya, sehinngga membuatnya tidak mampu untuk melanjutkan perjalanan. Rahasia dibalik sakit.

Setelah beristirahat beberapa hari merekapun melanjutkan perjalanan, namun ada yang membuat mereka heran, ternyata negeri yang akan mereka datangi sepertinya baru saja terjadi bencana yang sangat dahsyat.  Rahasia dibalik sakit. Rumah-rumah dan jalan-jalan hancur berantakan seperti tidak ada kehidupan disana.  Setelah mengetahui ini mereka sangat bersyukur karena bisa jadi kalau anaknya Lukmanul Hakim ini tidak kena duri tajam yang membuatnya tidak bisa berjalan, mereka akan menjadi bagian dari negeri yang telah hancur tersebut.

Allah SWT berfirman dalam surat al-Anfal ayat: 25

وَاتَّقُوا فِتْنَةً لَا تُصِيبَنَّ الَّذِينَ ظَلَمُوا مِنْكُمْ خَاصَّةً ۖ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ


Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya.

Kisah ini adalah salah satu dari banyak kisah yang bisa menjadi pelajaran bahwa pasti ada hikmah dalam setiap peristiwa, pasti ada hikmah dan rahasia dibalik sakit yang diderita.

Ujian adalah merupakan sunatullah bagi orang beriman, ia bisa menjadi ujian kenaikan peringkat dihadapan Allah, karena keimanannya yang semakin baik.  Atau bisa juga menjadi peringatan bagi orang beriman yang mulai jauh dari pada hidayah Allah dan jauh dari jalan yang diridhoiNya.

Baca: Cara bersyukur kepada Allah dalam berbagai kondisi ala Nabi Ibrahim AS

Diantara ujian itu ada yang berupa sakit, baik sakit yang sifatnya medis maupun gangguan nonmedis.  Sakit apapun yang diderita, sudah menjadi kewajiban bagi yang bersangkutan dan keluarganya untuk menempuh jalan-jalan menuju kesembuhan.  Dan jalan-jalan kesembuhan itupun harus benar-benar menurut ketentuan Allah SWT, jangan coba-coba justru memakai cara-cara yang tidak diridhoi oleh Allah.  Karena kadang-kadang ada orang-orang yang sakit atau keluarganya yang kurang mempunyai kesabaran untuk menempuh cara-cara yang dilarang yang penting asal sembuh.


Silahkan baca artikel: Dalam mencari kesembuhan harus berhati-hati.


Kalau kita mencoba merenung, maka akan kita dapati beberapa hal berkenaan dengan hikmah dan rahasia dibalik sakit ini, saya mencoba menguraikannya berikut ini:

1. Hikmah dan rahasia dibalik sakit itu lebih mengingatkan kepada kematian.  Ketika sakit menghampiri maka ada kesadaran dalam diri bahwa manusia itu lemah dan masanya terbatas tinggal didunia ini.

2.  Rahasia dibalik sakit lebih banyak beristighfar.
Ketika badan merasaka sakit, maka yang terasa adalah lemahnya badan dan ingat akan kekuatan yang Maha Pencipta.  Ingat akan kelemahan jiwa sehingga mudah akan melakukan dosa-dosa. “Tidaklah seorang muslim ditimpa gangguan berupa penyakit dan lainnya, melainkan Allah menggugurkan kesalahan-kesalahannya sebagimana pohon yang menggugurkan daunnya”

3.  Orang yang sakit akan ditinggikan derajatnya
“Tidaklah seorang mukmin itu tertimpa penyakit encok sedikitpun, melainkan Allah menghapus darinya satu kesalahan, ditetapkan baginyasatu kebaikan dan ditinggikan baginya satu derajat”.  Oleh karena itu ada rahasia dibalik sakit yang lain yaitu Allah SWT menghapus satu kesalahan, diberikan satu kebaikan dan maqamnya naik satu derajat.

4.  Rahasia dibalik sakit itu ada dzikrullah. 
Mereka yang menderitanya akan lebih sering dan syahdu menyebut Asma Allah dan kebesaranya dibanding ketika dalam waktu sehatnya.

5.  Hikmah dan rahasia dibalik sakit itu muhasabah. Ketika sakit akan punya lebih banyak waktu untuk merenungi diri dalam sepi, menghitung-hitung bekal kembali.  Ketika sehat banyak melakukan aktifitas kebaikan dan ketika sakitnya demikian pula, dengan bentuk kebaikan yang lain. Itulah rahasia dibalik sakit.

6.  Hikmah dan rahasia dibalik sakit itu keselamatan dari api neraka ketika melauinya dengan kesabaran.  Rasullulah suatu saat menjenguk seorang yang sakit demam, beliau bersabda “ Bergembiralah karena Allah Azza Wa Jalla berfirman, “ Inilah neraka-Ku. Aku menganjurkannya menimpa hamba-Ku yang mukmin di dunia, agar dia jauh dari api neraka pada hari akhirat”.

7.  Hikmah dan rahasia dibalik sakit itu nasihat, ketika yang sehat menasehati yang sakit untuk bersabar akan sakitnya.  Dan yang sakit juga menasehati yang sehat agar selalu menjaga kesehatan.

8.  Rahasia dibalik sakit itu ada sillaturrahim.  Saat jenguk, bukankah ada saudara  yang jarang ketemu akhirnya datang membesuk. Biasa bertemu dengan saudara mungkin setahun sekali waktu lebaran, tetapi ketika ada yang sakit, itu menjadi sarana untuk bertemu dan silaturrahiem. Karena itu pula sakit adalah perekat ukhuwah.

9.  Rahasia dibalik sakit itu ada doa-doa mustajab.  Imam As-Suyuthi keliling kota mencari orang sakit lalu minta didoakan oleh mereka.

10. Hikmah dibalik sakit itu membuat sedikit tertawa dan banyak menangis tanda ingat kelemahan diri dan sangat bergantung kepada Allah yang Maha Kuasa; satu sikap keinsyafan yang disukai Nabi dan para makhluk langit.

11. Hikmah dan rahasia dibalik sakit itu ada perbaikan ahlak, hilangnya kesombongan diri dan ketamakan yang terkikis habis karena mengingat sempitnya waktu-waktu yang tersisa hanya untuk beribadah kepada Allah Azza wa Jalla.

12. Dan hikmah dibalik sakit itu ada jihad, kesungguhan untuk mendekatkan diri kepada sang Maha Pencipta, Pemberi Kesembuhan dan senantiasa selalu menempuh jalan-jalan kesembuhan dengan sungguh-sungguh dan penuh dengan kesabaran.

Demikianlah hikmah dan rahasia dibalik sakit yang bisa kita amalkan baik ketika ketika kita sakit, keluarga maupun sanak saudara, agar sakitnya kita justru mendekatkan diri kita keharibaan Allah SWT yang Maha Kuasa dan Maha Penyembuh dari segala macam penyakit sekaligus meninggikan tawakkal kita kepadaNya.


Wallahu a'lam


Pojokan jatisari, 22 Nov 2017



#rahasia dibalik sakit #hikmah dibalik sakit #cara bersyukur kepada Allah



#hikmah dibalik sakit
#terapi ruqyah syar'iyyah
#manfaat sakit
#tempat ruqyah di bekasi
#tempat ruqyah di jakarta
#tempat ruqyah di bogor
#tempat ruqyah di depok
#ayat-ayat ruqyah
#khasiat jintan hitam
#manfaat habbatussauda
Healty Care
Healty Care

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Posting Komentar